Sabtu, 03 Desember 2016

RESENSI NOVEL CRITICAL ELEVEN





INFORMASI BUKU

Judul buku      : Critical Eleven
Pengarang       : Ika Natassa
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN               : 9786020318929
Estimasi berat : 0.28 kg
Tahun terbit    : 10 Agustus 2015
Lebar buku     : 13 cm
Panjang buku : 20 cm
Halaman        : 344 halaman
Bahasa           : Indonesia
Tipe cover      : Soft cover
Harga buku    : Rp. 79.000

TENTANG PENULIS
Ika Natassa adalah seorang penulis indonesia dengan banyak karya yang memukau dan juga merupakan seorang banker di salah satu bank terbesar di Indonesia. Pada tahun 2013 Ika Natassa mendirikan LitBox yaitu layanan berlangganan surprise box berisi buku-buku fiksi terpilih yang pertama di Indonesia. Novel Critical Eleven merupakan karya ketujuh dari Ika Natassa setelah A Very Yuppy Wedding (Gramedia Pustaka Utama, 2007), Divortiare (Gramedia Pustaka Utama, 2008), Underground (Self-published dengan nulisbuku.com, 2010), Antologi Rasa (Gramedia Pustaka Utama, 2011), Twivortiare (Gramedia Pustaka Utama, 2012), Twivortiare 2 (Gramedia Pustaka Utama, 2014).

SINOPSIS
Novel Critical Eleven menceritakan tentang kisah romansa yang berawal dari pertemuan antara Anya dan Ale dalam perjalanan udaranya dari Jakarta menuju Sydney. Dari perkenalan singkat inilah muncul istilah Critical Eleven, istilah tersebut berasal dari dunia penerbangan yang artinya sebelas menit paling kritis dalam penerbangan yaitu tiga menit saat lepas landas dan delapan menit sebelum mendarat. Pertemuan tersebut akhirnya membawa hubungan mereka ke jenjang pernikahan. Keduanya harus menjalin hubungan jarak jauh dikarenakan Ale berprofesi sebagai petroleum engineer di Amerika dan Anya berprofesi sebagai management consultant di Jakarta, namun hal tersebut tidak sedikitpun mengurangi kemesraan dan keharmonisan hubungan mereka yang bahkan akan membuat beberapa orang iri ketika membacanya. Konflik cerita dimulai setelah Anya mengalami keguguran di usia kandungan yang terbilang sudah tua, pada saat itu pula Ale mengatakan hal yang tidak terduga sehingga menyinggung perasaan Anya dan akhirnya menjadikan hubungan mereka merenggang bahkan sampai pisah ranjang. Keharmonisan rumah tangga mereka pun langsung sirna begitu saja, semuanya berubah menjadi rumit, pelik dan mengharukan.


KELEBIHAN NOVEL
Karakter dan peran tokoh dalam cerita ini terasa sangat nyata menggunakan bahasa yang sangat elegan dan memukau bagi para pembaca. Banyak sekali kutipan kalimat indah di setiap paragrafnya. Terdapat banyak pelajaran hidup terutama dalam hal rumah tangga seperti tidak mengumbar konflik dalam rumah tangga kepada orang tua atau mertua, mereka bersikap seolah baik – baik saja di hadapan kedua orang tua masing – masing tanpa memperlihatkan sedikitpun adanya masalah diantara mereka berdua. Serta banyak referensi menarik mengenai barang-barang mewah dan bermerek dan pengetahuan umum.

KEKURANGAN NOVEL
Menurut saya kekurangan dari novel ini terdapat pada kurangnya riset mengenai perkembangan masa kehamilan, karena keguguran di usia kandungan yang terbilang tua seperti yang Anya alami itu sangat kecil sekali kemungkinannya apalagi hanya dkarenakan terlalu sibuk dengan pekerjaan atau kecapean, hal tersebut menjadi kurang logis saja. Pada masa kehamilan bulan ke – 9 harusnya bayi dalam kandungan sudah sangat kuat, keguguran di trimester 3 tersebut akan lebih logis apabila di ceritanya Anya mengalami kecelakaan seperti jatuh dari tangga atau lainnya.
Tidak selarasnya karakter tokoh dengan faktor pendukung, seperti Ale yang memelihara anjing bernama 'Jack' sedangkan dalam cerita Ale merupakan seorang muslim dan taat pada agamanya. Dan juga kebiasaan Anya meminum wine, namun yang saya tangkap disini mungkin Ika ingin menerapkan gaya hidup modern pada kisah romansa Anya dan Ale.

SIMPULAN

Novel ini sangat layak untuk dibaca, kisah romansa yang banyak memberikan pelajaran hidup terutama dalam hubungan rumah tangga. Peran dan karakter tokoh pun terasa seperti nyata. Ditambah dengan kutipan – kutipan indah di dalam ceritanya menjadikan novel ini lebih menarik. 

HARAPAN TENTANG FILM CRITICAL ELEVEN YANG AKAN SEGERA TAYANG
Saya hanya berharap film critical eleven nanti akan sangat menarik dan kritis sesuai dengan cerita yang ada pada novel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar