Selasa, 22 November 2016

Keahlian-keahlian manajmen menurut Robert L Katz

-Keahlian teknis ( Technical Skill ) adalah keahlian untuk mengaplikasikan pengetahuan, metoda, atau teknik spesifik dalam bidang spesialis tertentu. Keterampilan ini merupakan pemahaman dan kecakapan melakukan aktivitas pekerjaan yang berhubungan bidang khusus atau pekerjaan tertentu.
Contohnya : Menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, penggunaan serta pengoperasian sebuah alat.

-Keahlian Hubungan Manusia ( Human Relation Skill ) adalah keahlian yang berkaitan dengan mengarahkan dan mengontrol agar orang-orang yang ada  di dalam perusahaan bertindak untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk mensosialisasikan visi dan misi perusahaan. Serta memiliki keahlian untuk berkomunikasi dengan berbagai orang yang terlibat dalam perusahaan.
Contohnya: mengarahkan dan mengontrol bawahan nya yang mengalami kesulitan, berkomunikasi secara persuasif serta bersahabat sehingga bawahan nya pun akan merasa di hargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan.

-Keahlian konseptual ( Conseptual skill ) adalah keahlian untuk berpikir abstrak, menganalisis dan mendiagnosis, keahlian mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan keadaan yang terjadi serta memahami keseluruhan organisasi. Kemampuan konseptual ini akan menentukan kemampuan perusahaan dalam menghadapi setiap masalah yang timbul dalam perusahaan serta keterampilan dalam memproses rencana kerja.
contohnya: mengidentifikasi masalah, mengembangkan solusi alternatif untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut dan memilih solusi terbaik. Serta dapat memproses dan menginterpretasikan sebuah informasi secara rasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar