Selasa, 22 November 2016

LANGKAH-LANGKAH MANAJEMEN STRATEGIK

Langkah 1 : Mengidentifikasi misi organisasi saat ini, tujuan dan strategi.

Setiap organisasi membutuhkan sebuah misi, pernyataan tujuannya. Mendefinisikan misi manager untuk mengidentifikasi apa itu yang harus dilakukan dalam bisnis. Misalnya, misi avonis "untuk menjadi perusahaan yang paling memahami terbaik dan produk memuaskan, layanan, dan kebutuhan pemenuhan diri perempuan di tingkat global. Misi Facebook adalah" sarana sosial yang menghubungkan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. "pernyataan-pernyataan ini memberikan petunjuk apa organisasi ini lihat sebagai tujuan mereka.

Langkah 2 : Melakukan analisis eksternal.

Menganalisis lingkungan yang merupakan langkah penting dalam proses manajemen strategik. Manajer melakukan analisis eksternal sehingga mereka tahu, misalnya, apa yang dilakukan pesaing, apa peraturan hukum yang mungkin mempengaruhi organisasi, atau apa pasokan tenaga kerja seperti di lokasi di mana ia beroperasi. Dalam sebuah analisis eksternal, manajer harus memeriksa komponen ekonomi, demografi, politik / hukum, sosial budaya, teknologi, dan global untuk melihat tren dan perubahan.

Langkah 3 : Melakukan analisis internal.

Memberikan informasi penting tentang organisasi sumber daya tertentu dan kemampuan. Sebuah sumber organisasi adalah aset. Keuangan, fisik, manusia dan tidak berwujud. Yang menggunakan untuk mengembangkan, memproduksi, dan memberikan produk untuk pelanggan itu. Di sisi lain, kemampuan tersebut adalah keterampilan dan kemampuan dalam melakukan aktivitas kerja yang dibutuhkan dalam usahanya. Nilai utama menciptakan kemampuan organisasi yang dikenal sebagai kompetensi inti. sumber daya dan kompetensi inti menentukan organisasi senjata kompetitif.

Setelah menyelesaikan analisis internal, manajer harus mampu mengidentifikasi kekuatan organisasi dan kelemahan. Setiap kegiatan organisasi yang dilakukan dengan baik atau sumber daya unik yang dimiliki disebut kekuatan. Kelemahan adalah kegiatan organisasi yang tidak dilakukan dengan baik atau sumber daya itu perlu tetapi tidak dimiliki.
Gabungan antara analisis eksternal dan analisis internal disebut analisis SWOT, yang mana menganalisis kekuatan organisasi, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. Setelah menyelesaikan analisis SWOT manager siap merumuskan strategi yang tepat. 

Langkah 4 : Merumuskan strategi.

Mereka harus mempertimbangkan realitas lingkungan eksternal dan sumber daya yang tersedia dan kemampuan untuk merancang strategi yang akan membantu sebuah organisasi mencapai tujuannya. Tiga jenis utama dari strategi manajer akan merumuskan termasuk perusahaan, kompetitif, dan fungsional.

Langkah 5 : Mengimplementasikan strategi.

Sekali strategi dirumuskan mereka harus diimplementasikan. Tidak peduli seberapa efektif suatu organisasi telah merencanakan strategi, kinerja akan menderita jika strategi tidak diterapkan dengan benar.

Langkah 6 : Mengevaluasi hasil.

Langkah akhir dalam proses manajemen strategik adalah mengevaluasi hasil. Seberapa efektif strategi membantu organisasi mencapai tujuannya? penyesuaian apa yang diperlukan? Setelah menilai hasil strategi sebelumnya dan menentukan bahwa perubahan yang diperlukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar